Daftar Lengkap Cerita Novel Wattpad yang Difilmkan alias Diadaptasi ke Layar Lebar

Buat kalian yang pengen tahu daftar lengkap seluruh cerita atau novel di aplikasi Wattpad yang telah diterbitkan alias dibukukan sekigus juga difilmkan, di postingan kali ini blog helawww akan membagikan daftar lengkapnya. Dijamin komplit, dihitung mundur mulai dari film terbaru tahun 2020 ini, hingga tahun 2017 di mana di tahun inilah awal kemunculan film Indonesia yang diadaptasi dari stori ataupun novel Wattpad.

Penggemar film dan pecinta novel fiksi pasti udah pada tau, bahwasanya sosial media Wattpad saat ini bukan lagi hanya sekedar media untuk menyalurkan hobi menulis. Tapi juga bisa menjadi batu loncatan untuk suskes berkarir di dunia menulis, yang tak cuma menghasilkan pundi-pundi rupiah, tapi juga nama besar bagi author-nya, 

Banyak sudah cerita-cerita di aplikasi berwarna oranye itu yang awalnya cuma tulisan yang bisa dibaca gratis secara online, kemudian diterbitkan dalam bentuk buku novel fisik dan dipasarkan di berbagai toko buku. Tidak sampai di situ saja, beberapa novel ada yang beruntung dilamar rumah produksi untuk diangkat ke layar lebar dan tayang di bioskop tanah air. Kalau sudah begini, tentunya sang penulis mendapat rezeki yang lumayan dari karyanya yang awalnya dipublikasikan di Wattpad tersebut.

Cerita Novel Wattpad yang Difilmkan

Baca Juga: Pengertian Beberapa Istilah Yang Populer Di Aplikasi Wattpad

Dan berikut ini kami informasikan list cerita-cerita dan novel Wattpad yang diterbitkan menjadi buku sekaligus diangkat ke layar lebar menjadi film yang ditayangkan di seluruh bioskop tanah air.


Daftar cerita Wattpad Yang Difilmkan Tahun 2020

1. Surat Dari Kematian

Film Surat Dari Kematian tayang di bioskop pada 6 Januari 2020. Film bergenre horor ini dibuat oleh Max Pictures dan disutradarai Hestu Saputra. Sementara aktor dan aktris yang tampil dalam film ini antara lain Carissa Perusset, Endy Arfian, Jerome Kurnia, dan Dannia Salsabila.

Sebelum difilmkan, Surat Dari Kematian adalah cerita bersambung di Wattpad karangan Adham T. Fusama (@AdhamTFusama) dan dibaca lebih dari satu juta kali. Pada November 2018, cerita ini dibukukan oleh penerbit Falcon Publishing.

2. Dignitate

Ketika ditulis di Wattpad, Dignitate yang merupakan buah karya dari Hana Margaretha (@radexn) ini telah dibaca sebanyak 11 juta kali. Sehingga membuat penerbit Loveable tertarik menerbitkannya pada tahun 2017. Sebelum akhirnya diangkat menjadi film oleh PH MD Pictures dan resmi dirilis ke bioskop pada 23 Januari 2020.

Film Dignitate dibintangi oleh aktor ganteng Al Ghazali, yang dipasangkan dengan aktris Caitlin Halderman. Sementara untuk kursi sutradara ada Fajar Nugros.


3. Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Awal tahun 2020 kembali film horror adaptasi dari cerita Wattpad tayang di bioskop seluruh negeri, tepatnya pada 5 Maret 2020 tanggal perilisannya.

Film tersebut berjudul 'Aku Tahu Kapan Kamu Mati', yang ceritanya dikarang Arumi Ekowati (@Arumi_e) dan memperoleh 4,2 juta viewers dan lebih 200k vote di Wattpad. Sebelum difilmkan, cerita ini juga sudah terbit dalam bentuk buku oleh penerbit Loveable pada tahun 2018.

Aku Tahu Kapan Kamu Mati versi movie diproduksi oleh Maxima Pictures dengan sutradara Hadrah Daeng Ratu. Sementara artis-artis yang terlibat dalam film ini antara lain Natasha Wilona, Ria Ricis dan Al Ghazali. 

4. Mariposa

Mariposa, menjadi cerita yang sangat trending di Wattpad pada tahun 2018. Meraih puluhan juta viewers dan jutaan vote. Tak heran, pada saat diterbitkan oleh penerbit Coconut Books pada tahun yang sama, bukunya mengalami best seller di berbagai toko buku. Cerita ini ditulis oleh Hidayatul Fajriyah atau Luluk H.F (@Luluk_HF).

Untuk versi Film, Mariposa disutradarai oleh Fajar Bustami, dan dibintangi oleh aktor dan aktris ternama tanah air seperti Angga Yunanda, Adhisty Zara, Abun Sungkar, Ariyo Wahab, Ersa Mayori, dan lain-lain. Film ini mulai ditayangkan di bioskop pada 12 Maret 2020 lalu.

Dan Mariposa ini merupakan novel Wattpad kedua dari Luluk H.F yang difilmkan. Sebelumnya pada tahun 2018, novelnya yang berjudul El juga diangkat ke layar lebar.


Novel Wattpad yang Diangkat ke Layar Lebar Tahun 2019

1. Matt & Mou

Film Matt & Mou dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier, diproduksi oleh MD Pictures, serta tayang di bioskop mulai 24 Januari 2019.

Film ini diadaptasi dari novel Wattpad karya Wulan Fadila (@wulanfadi) dengan judul yang sama. Selain difilmkan, cerita kisah persahabatan Matt dan Mou ini juga dibukukan oleh penerbit Gagas Media pada Oktober 2016.

2. Sin

Film Sin yang resmi rilis di bioskop pada 10 Oktober 2019 ini dibintangi oleh Bryan Domani dan Mawar Eva de Jongh, dan dibuat oleh rumah produksi Falcon Pictures.

Film ini adaptasi cerita di Wattpad sudah dibaca 25,7 juta dan vote 1,4 juta milik Faradita (@Faradisme). Sin juga telah diterbitkan oleh penerbit Kubus Media pada September 2017.

3. Senior

Film Senior ditayangkan serentak di bioskop mulai tanggal 21 November 2019. Film yang diproduksi Max Pictures dan Bentang Pictures ini, merupakan adaptasi dari novel karya Eko Ivano Winata (@Katakokoh) yang telah dibaca lebih dari 20 juta kali saat dipublish di Wattpad.

Telah dibukukan juga oleh penerbit Pastel Books pada Februari 2018 sebelum difilmkan. Di film, tokoh-tokoh utama di cerita ini diperankan oleh Jerome Kurnia, Rebbeca Klopper, dan Ariella Calista Ichwan. Serta disutradarai oleh Indra Gunawan.

Cerita-cerita Wattpad yang Diadaptasi Menjadi Film tahun 2018


1. Revan & Reina

Saat masih melenggang di Wattpad, cerita Revan & Reina dibaca lebih dari 8 juta kali dan ditulis oleh Christa Bella (@bellawrites). Sebelum difilmkan, cerita ini juga telah dibukukan oleh penerbit IKON.

Selanjutnya Revan & Reina dilayarlebarkan oleh WB Pictures, dengan bintang utama Bryan Domani dan Angela Gilsha, serta rilis di bioskop pada tanggal 29 Maret 2018.


2. The Perfect Husband

The Perfect Husband merupakan cerita Wattpad yang ditulis oleh Indah Riyana (@penulisrahasia) yang sukses dibaca lebih dari 6 juta kali.

The Perfect Husband kemudian dibukukan oleh penerbit Romancious. Selanjutnya difilmkan oleh Screenplay Film The dan rilis di bioskop tanggal 12 April 2018. Amanda Rawles dan Dimas Anggara menjadi pemeran utama dalam film ini.


3. Assalamualaikum Calon Imam (ACI)

Sebuah PH baru yaitu Prized Production dan Vinki Production mempersembahkan film adaptasi Wattpadlit berjudul Assalamualaikum Calon Imam (ACI). Dengan sutradara Findo Purwono HW, film ini dibintangi oleh Natasha Rizki, Andi Arsyil, Merdi Octav dan Miller Khan. 9 Mei 2018 menjadi tanggal perilisan film ini di bioskop se-Indonesia.

Di Wattpad, cerita religi islami yang ditulis oleh Ima Madaniah (@madani_) ini telah dibaca sebanyak 4 juta kali. Telah dibukukan juga oleh penerbit Coconut Books pada Desember 2017.

4. EL

Film EL diproduksi oleh MVP Pictures dengan dibintangi artis Aurelie Moeremans dan Achmad Megantara. Film yang ditayangkan di bioskop mulai 9 Mei 2018 ini diarahkan alias disutradarai oleh Findo Purwono HW.

Sebelum difilmkan, EL merupakan karya tulis di Wattpad milik Luluk HF (@Luluk_HF), yang sukses meraup pembaca sebanyak 30 juta kali lebih. Dan sebelum diadaptasi menjadi film, EL lebih dulu beredar di toko buku lewat penerbit Bintang Media pada bulan November 2017.

5. R: Raja, Ratu & Rahasia

Setelah di tahun 2017, novelnya Wulan Fadila (@wulanfadi) yang berjudul A : Aku Benci & Cinta difilmkan, tahun 2018 giliran novelnya yang berjudul R: Raja, Ratu & Rahasia yang dipinang rumah produksi Starvision untuk difilmkan.

Disutradarai Findo Purwono HW, Film R rilis di bioskop pada 12 Juli 2018. Dengan dibintangi oleh Brandon Salim dan Aurora Ribero sebagai tokoh utama.

Di Wattpad, ceita R: Raja, Ratu & Rahasia sudah 25 juta kali dibaca dengan 1,6 juta vote. Dan sudah dibukukan juga pada bulan April 2016 lewat penerbit Best Media.

6. Serendipity

Film Serendipity dibuat PH Virgo Film, dibintangi oleh dua bintang muda, Maxime Bouttier dan Mawar De Jongh, serta rilis ke bioskop seluruh tanah air pada 9 Agustus 2018. Serendipity merupakan salah satu dari tiga novel Wattpad karya Erisca Febriani yang difilmkan.

Setelah terbit secara bersambung di Wattpad, Serendipity kemudian diterbitkan dalam bentuk buku pada November 2016 oleh penerbit Inari.

7. Dear Nathan: Hello Salma

Novel yang merupakan sekuel atau sambungan dari cerita Dear Nathan yang juga telah difilmkan pada tahun 2017 ini, saat on going di Wattpad berhasil mendapat 2,6 juta viewers, dan juga telah diterbitkan oleh penerbit Coconut Books pada Maret 2018. Penulisnya adalah Erisca Febriani (@Eriscafebriani).

Film Hello dibintangi oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol. Disutradarai oleh Indra Gunawan, dengan Rapi Film sebagai rumah produksinya dan dirilis pada 25 Oktober 2018.

Film Indonesia yang Diangkat dari Novel Wattpad tahun 2017


1. Dear Nathan

Dear, Nathan ditulis oleh author Wattpad bernama Erisca Febriani (@Eriscafebriani) yang hingga saat ini telah dibaca lebih dari 33,3 juta kali. Telah diterbitkan juga dalam bentuk buku oleh penerbit Best Media, bulan Maret tahun 2016 untuk cetakan pertama.

Kemudian diangkat menjadi film oleh Rapi Films dan dirilis pada 23 Maret 2017 dengan Jefri Nichol sebagai Nathan, dan Amanda Rawles sebagai Salma.

2. A: Aku Benci & Cinta

Karya Wulan Fadila (@wulanfadi) berjudul A: Aku Benci & Cinta ini menjadi salah satu cerita paling populer di Wattpad pada tahun 2015.

Telah diterbitkan oleh penerbit Best Media, dan telah difilmkan oleh MD Pictures dengan dibintangi aktor-aktor Jefri Nichol, Indah Permatasari, Amanda Rawles, Brandon Salim dan Syifa Hadju. Kemudian rilis di bioskop pada 16 Agustus 2017.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca Cerita Di Wattpad Meski Memiliki Follower Sedikit

Itulah daftar film Indonesia yang diangkat dari novel atau cerita-cerita di Wattpad, yang kemudian dibukukan sebelum akhirnya diangkat ke layar lebar.

Apakah kalian pernah membaca novel atau menonton film dari daftar di atas? Boleh diceritain di kolom komentar ya teman-teman.

Dan mengingat Wattpad merupakan salah satu sosial media yang banyak penggunanya, pasti ke depan masih akan ada novel atau film yang ceritanya diambil karya-karya tulis di dunia jingga itu. Kita tunggu saja.

Posting Komentar untuk "Daftar Lengkap Cerita Novel Wattpad yang Difilmkan alias Diadaptasi ke Layar Lebar"