Tips dan Cara Berhenti Merokok Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Kali aku akan berbagi tips dan cara mudah berhenti merokok berdasarkan pengalaman pribadi aku sendiri, yang mana cara ini aku laksanakan beberapa tahun lalu hingga Alhamdulillah akhirnya aku bebas dari kecanduan merokok sampai sekarang ini.

Sebelumnya aku merupakan seorang perokok yang tergolong aktif, yang mana dalam sehari semalam bisa menghabiskan rokok hingga dua bungkus! Rata-rata sih satu bungkus setengah. Paling minim sebungkus. Dan parahnya, aku hanya cocok dengan rokok-rokok yang berharga mahal. Sehingga terasa banget anggaran yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan rokok ini.

Buat kamu yang menemukan artikel tips stop merokok ini dari pencarian di internet, aku yakin itu karena kamu berniat ingin pensiun jadi perokok. Iya kan? Ngaku aja udah! Gak usah gengsi. Karena kamu gak sendirian. Di luar sana juga banyak banget para perokok yang berniat berhenti merokok kayak kamu, tapi selalu gagal lagi gagal lagi kayak kamu juga.

Udah jelas sih, kalau hanya sekedar niat tanpa dibarengi dengan kesungguhan yang sungguh-sungguh, memang bakalan sulit berhasil. 

Tips dan Cara Berhenti Merokok

Lalu bagaimana caranya supaya sukses berhenti merokok? Berikut aku bagikan tips gratis rahasianya dan dijamin manjur asalkan kamu benar-benar serius mau mengikuti langkah-langkahnya.


Cekidot!

1. Mulai dengan tekad yang kuat dan sungguh-sungguh


Langkah paling utama dan terpenting dalam mewujudkan keinginan berhenti merokok ialah tekad yang kuat, serius dan sungguh-sungguh. Berjanji kepada diri sendiri kalau perlu kepada orang lain juga, bahwa tidak akan coba-coba merokok lagi walau satu batang saja!

Camkan dalam hati bahwa kamu benar-benar ingin hidup sehat terbebas dari kecanduan rokok. Memperbaiki keungan pribadi dengan mengalokasikan uang pembelian rokok untuk kebutuhan lainnya atau ditabung.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, kamu pasti berani menolak teman yang menawari rokok, tak tergoda melihat orang-orang sedang menikmati rokok, melawan keinginan mengeluarkan uang kemudian membeli rokok.

Tanpa diawali dengan tekad yang kuat dan niat hati yang sungguh-sungguh, rencana berhenti merokok kemungkinan besar akan gagal. Kalaupun berhasil paling cuma seminggu dua minggu, abis itu akan merokok lagi bahkan biasanya lebih rakus dari sebelumnya.


2. Lakukan Sekarang Juga!


Langkah penting selanjutnya setelah memiliki niat yang kuat, adalah jangan menunda-nunda lagi rencana kamu tersebut. Jangan cuma jadi wacana. Mulai lakukan sekarang juga! Detik ini juga!

Kalau emang ciyus pengen mandek merokok, maka jalan terbaik untuk memulainya ialah jangan menunda-nunda lagi. Lakukan sekarang juga! Bahkan andai saat ini kamu masih dalam kondisi mengisap rokok, segera cecek matikan rokok tersebut. Sisa rokok yang ada dibungkusnya, jangan ditunggu sampai habis. Patah-patahkan batang ronkoknya, buang beserta bungkusnya ke tempat sampah, kemudian langsung start stop smoking!

Kebanyakan mereka yang gagal memang akibat selalu menunda-nunda. Dengan alasan klasik menunggu momen. Misalnya nanti setelah tahun baru, setelah bulan puasa, sehabis lebaran, setelah ulang tahun, setelah menikah, setelah habis sebungkus ini tidak akan merokok lagi.

Tapi ujungnya ya gitu, rencana hanya tinggal rencana belaka. Bulan berlalu tahun berlalu, mulut tetep ngebul, hobi merokok jalan teros!

3. Minta Dukungan Orang Terdekat yang Bukan Perokok


Penting juga untuk meminta dukungan dari orang-orang terdekat kamu. Katakan kepada mereka bahwa kamu hendak stop merokok. Bisa ke teman, ayah, ibu, pacar, selingkuhan, kakek, nenek, sahabat, atau yang lainnya. Mereka dengan senang hati pasti akan 100% mendukung! Terutama mereka yang bukan smoker.

Aku sendiri waktu itu minta dukungan orang tua dan adik perempuan, mereka sangat mensuport banget dan ikut memberi nasehat-nasehat.

4. Mengalihkan Keinginan Merokok.


Dari pengalamanku menghentikan kebiasaan merokok, pada dua hari pertama kondisinya masih biasa-biasa saja tak ada hal-hal yang mengganggu. Tapi memasuki hari ketiga, mulai timbul perasaan kangen merokok, yang semakin lama semakin kuat dan sangat menyiksa. Mulut terasa asam, kepala pusing, badan lesu, rasanya malas mau ngapa-ngapain, tapi duduk berdiam diri juga tidak enak. Berjalan kesana kemari di dalam rumah mirip orang bingung. Rasanya ingin lari ke warung, membeli rokok kemudian menghisapnya berbatang-batang.

Kebanyakan orang yang sedang berusaha berhenti merokok, ketika keinginan merokok timbul akan dialihkan dengan memakan permen mint. Aku juga melakukan itu. Tak cuma permen, aku juga menyesap cairan tolak angin, dan memang napsu ingin merokok sedikit reda. Kadang juga mengolesi sekujur bibir dengan odol, lalu saya biarkan odol tersebut mengering. Bibir jadi terasa dingin, dan untuk sementara keinginan merokok akan hilang. 

Namun saat keinginan merokok sudah demikian parah dan tak bisa lagi ditawar-tawar, saya melakukan hal yang lebih gokil lagi, yaitu menggigit cabe rawit kemudian mengunyahnya pelan-pelan. Cara ini sangat efektif membuat keinginan merokok langsung musnah dan berganti rasa menahas pedas.

Cara yang lainnya adalah dengan berenang. Ketika badan lesu serta kepala mumet karena sakau nikotin, aku akan menuju sungai di belakang rumah, kemudian menceburkan diri dan berenang sampai lama. Kebetulan aku tinggal di kampung di pulau Sumatera yang ada sungai bersihnya sehingga bisa berenang sepuasnya di sana. Dengan berenang, badan yang sakau akibat ingin merokok menjadi segar dan keinginan menghisap rokok hilang.

Aku pribadi butuh waktu hampir sebulan untuk menghilangkan ketergantungan akan rokok. Setelah itu bukan berarti keinginan merokok benar-benar padam. Saat hati sedang galau, saat berkumpul dengan teman-teman perokok, atau sedang boring sendirian di rumah, kadang keinginan merokok itu kembali menyeruak. Tapi berhubung aku sudah bulat bertekad untuk stop merokok secara total, aku campakkan jauh-jauh keinginan itu.


5. Singkirkan Barang-barang yang Bisa Mengingatkan Akan Rokok.


Langkah selanjutnya adalah buang benda-benda ataupun barang-barang di sekitar kamu yang bisa mensugesti untuk kembali merokok. Misalnya asbak, bungkus rokok kosong, korek api, puntung rokok, aksesoris atau pakaian-pakaian yang ada logo merek rokok.

6. Kurangi Kongkow-kongkow.


Supaya rencana berhenti merokok berjalan lancar tanpa godaan, mau tidak mau untuk sementara kamu harus mengurangi acara ngumpul-ngumpul, entah itu sekedar main gaple di warung atau nonton bola bareng. Karena biasanya kalau sudah berkumpul dengan teman-teman, pasti akan disertai kegiatan merokok. Nanti kalau sudah benar-benar bebas dari kecanduan rokok, kamu boleh kembali hang out.

Soalnya meskipun dalam hati kita sudah mencanangkan tekad berhenti merokok, terkadang mencium aroma asap rokok dan menyaksikan orang-orang asyik menikmati rokok, lama-lama kamu bisa tidak tahan dan tergoda untuk merokok lagi.

Aku sendiri ketika di awal berhenti merokok, selama 3 minggu lebih banyak menghabiskan waktu dengan ngedon di kamar kayak anak nolep dan anti sosial. Padahal aslinya rebahan di kamar merehabilitasi diri sendiri. Di kamar saya isi dengan aktivitas baca buku, main game, nonton film, khusuk beribadah, teleponan sama teman yang asyik, sebentar-sebentar minum air putih walau tidak haus, ngunyah cabe rawit, dan sering tidur.

7. Sering Minum Air Putih.


Dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih, rasa kecut di mulut karena ingin merokok bisa sedikit berkurang. Selain itu, banyak minum air putih juga membantu menetralisir racun rokok yang telah terakumulasi dalam tubuh kita. Sehingga kecanduan rokok di diri kita bisa lebih cepat hilang. Gitu sih yang aku baca-baca di artikel-artikel kesehatan.

8. Menghitung Hari-hari Tanpa Rokok.


Di masa-masa awal berhenti merokok, aku selalu mengitung hari-hari keberhasilan tidak merokok dengan cara melingkari tanggalan. Jadi setiap malam setelah melewati satu hari tanpa rokok, aku akan melingkari tanggal di mana saya tidak merokok dengan pena. Lalu biar lucu dan romantis, kadang saya melingkari tanggalan dengan bentuk love.

Di awal berhenti merokok, menurutku penting menghitung hari dengan cara melingkari tanggalan seperti ini. Pasti nanti akan muncul perasaan bangga ketika melihat kalender sudah banyak tanggal yang terlingkari. Sebagai bukti bahwa ternyata kamu bisa kok melalui banyak hari tanpa rokok. Beneran. Coba deh.

9. Simpan Uang Rokok ke Dalam Celengan.


Cara yang ini sebenarnya tidak aku lakukan. Ide ini muncul justru ketika aku sedang menulis artikel ini. Dan memang tidak ada salahnya bagi kalian yang hendak berhenti smoking mempraktekkan metode ini.

Beli celengan ayam atau apapun bentuknya, kemudian setiap hari masukkan duit yang biasanya untuk beli rokok ke dalam sana. Nanti setelah sebulan, pecahkan celengan itu kemudian hitung isinya berapa. Segitulah dana yang kamu habiskan untuk biaya merokok dalam satu bulan. Bayangkan kalau satu tahun sudah berapa. Lalu kalikan sudah berapa tahun kamu aktif merokok. Pasti angkanya bisa untuk beli motor.

10. Beri Hadiah Untuk Diri Sendiri.


Bagi pecandu rokok, perjuangan melewati hari-hari tanpa rokok itu terasa sangat tidak mengenakkan. Tidak konsentrasi kerja, lesu tidak bersemangat, terkadang serba salah bingung mau berbuat apa, boring, pusing, bawaannya cemberut, dan bahkan gampang emosi.

Setelah berhenti merokok, tentu pengeluaran akan jauh berkurang. Uang yang biasanya untuk beli rokok menjadi utuh. Dan tidak salahnya, ketika berhasil melewati satu bulan pertama tanpa merokok, sebagian uang tersebut digunakan untuk memberi rewards kepada diri sendiri.

Misalnya jalan-jalan ke destinasi wisata ternama, makan di restoran mahal, membeli sesuatu yang sudah lama diidam-idamkan, disumbangkan panti asuhan atau rumah ibadah, dan lain sebagainya. Hal ini akan menambah kebahagiaan dan rasa syukur kita karena terbebas dari ketergantungan rokok.

11. Jangan Pernah Mencoba Merokok Lagi Walau Sebatang


Orang-orang yang akhirnya gagal berhenti merokok kebanyakan karena hal ini. Iseng coba-coba ngerokok lagi walau sebatang, tapi kemudian keterusan ke batang-batang selanjutnya dan akhirnya kembali jadi perokok sebagaimana sebelumnya.

Aslinya walau baru beberapa hari berhenti merokok, rasa rokok sudah tidak enak. Tapi gegara iseng jajal sebats dua batang, lama kelamaan rasa rokok pun kembali enak dan menagihkan. Gatot deh!

So, apabila kalian ingin berhasil, harus musti kudu wajib berhenti merokok secara mutlak dan total. Tolak jika ada orang menawari rokok. Kuat-kuatkan diri untuk tidak tergoda jika ada rokok kesukaan tergeletak di depan kita. Intinnya jangan pernah mencoba lagi walau sebatang, setengah batang, bahkan satu hisapan saja!

Itulah beberapa tips berhenti merokok yang aku tulis berdasarkan pengalaman pribadiku sendiri yang telah sukses berhenti ngudut. Silahkan dicoba, dan aku yakin pasti berhasil jika benar-benar mengikuti beberapa tipsi di atas. Berhenti merokok memang berat, tapi bukan berarti tidak bisa. Banyak yang sudah berhasil termasuk aku. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Berhenti Merokok Berdasarkan Pengalaman Pribadi"